Tuesday 27 September 2022

Janganpakailama ~ Tidak ada habisnya jika kita membicarakan tentang destinasi wisata yang murah dan masih alami, salah satunya adalah gua. ada nih salah satu gua yang terdapat di kabupaten pati jawa tengah yang mempunyai pemandangan yang ciamik banget namanya adalah gua pancur. gua pancur merupakan gua besar dan panjang yang di dalamnya terdapat air setinggi orang dewasa. Gua ini pertama kali di temukan penduduk sekitar yang bernama mbah sarto pada tahun 1932. Di temukannya gua ini bermula dari mbah sarto mendengar percikan air dengan suara yang dalam dan di teliti ternyata percikan air tersebut berasal dari bukit pegunungan. Gua pancur memiliki sejarah yang konon gua ini merupakan tempat para gerilyawan bersembunyi untuk menghindari dari pasukan belanda. hal ini di buktikan dengan penemuan baju di dalam gua tersebut. 

Gua pancur ini terletak di desa jimbaran kecamatan kayen kabupaten pati jawa tengah. gua pancur ini mempunyai kedalaman hingga 8,27 km akan tetapi untuk kedalaman gua tersebut hanya bisa di jelajahi dengan alat berkisar satu kilo meter saja. gua pancur ini juga pernah menjadi tempat di gelarnya Raimua Daerah Gerakan Pramuka se Jawa tengah pada tahun 1996. Gua ini menjadi ramai dan di kunjungi para wisatawan mulai tahun 1955. 

Objek wisata gua pancur ini sekarang di lengkapi dengan berbagai macam wahana yang sangat menarik salah satunya adalah danau buatan yang di dalamnya terdapat becak air yang di gunakan untuk berkeliling di danau tersebut. yang paling menarik dari gua pancur ini adalah stalagtit dan stalagmit yang masih alami. jika anda masuk ke dalam gua sejauh 127 meter, anda akan di suguhkan dengan air grojokan yang sangat indah.

Ini hal paling menarik dari gua pancur, jika anda mandi di sana di yakini bisa membuat anda awet muda. jika anda ingin mandi, anda cukup menyediakan pakaian ganti karena di sana sudah di sediakan kamar mandi serta tempat ibadah. untuk anda yang berpasangan, di sana juga sudah di sediakan gazebo dan taman untuk anda. untuk menyewa bebek kayuh, anda hanya perlu membayar cuma 15 ribu untuk 15 menit yang bisa di tumpangi 4 orang untuk menikmati pemandangan danau. untuk menyusur keindahan gua pancur, anda hanya perlu membayar 20 ribu per orang dengan alat yang cukup lengkap seperti helm, jaket pengaman dan guide. untuk biaya parkir sendiri terbilang murah, biaya parkir untuk sepeda motor cuma 3 ribu dan untuk mobil cuma 6 ribu. untuk tiket masuknya sendiri adalah free alias gratis. anda juga dapat membeli makanan atau minuman di sana karena banyak beragam kuliner yang di jajakan di sana dan pengunjung bisa membawa makanan atau minuman dari rumah. dan pastinya jagalah kebersihan kawasan gua pancur agar tetap asri.

Untuk sampai ke gua pancur, pengunjung bisa melewati dari berbagai arah baik dari kudus anda bisa melewati purowadadi-grobogan dan juga bisa melewati prawoto. jika anda dari pati kota anda bisa lewat tanjang ke selatan atau gabus juga bisa. untuk masuk ke sana, jika ada gapura " kawasan eisata gua pancur" ikuti papan petunjuk yang menuju arah ke gua sejauh kurang lebih 3 km yang melewati perkampungan desa. 

Apakah anda masih penasaran dengan tempat wisata di pegunungan kendeng yaitu gua pancur. jika anda masih penasaran, anda bisa datang ke sana bersama pasangan, teman, relasi. nikmati keindahan alam yang di suguhkan di sana. selamat berlibur 

baca juga : Bukit indah bukit pandang durensawit kayen


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Categories

Powered by Blogger.

Popular Posts

Blog Archive